Cari Artikel

Tata Rias Wajah


Kosmetik

Tata rias wajah atau Kosmetik  (en:Make up ) adalah kegiatan mengubah penampilan dari bentuk asli sebenarnya dengan bantuan bahan dan alat kosmetik. Istilah make up lebih sering ditujukan kepada pengubahan bentuk wajah, meskipun sebenarnya seluruh tubuh bisa di hias (make up).

Tata rias wajah membutuhkan banyak pengetahuan tentang:

-Anatomi (untuk memberikan bentuk ideal anggota tubuh)
-Karakterisasi Warna dan garis (untuk memberikan karakterisasi personal)
-Gradasi Warna (untuk memperhalus hasil akhir tata rias)
-Komposisi Warna

wajah
Wajah

Sedikit sekilas tentang wajah yang sebaiknya kita ketahui pula, apa itu wajah ?
Wajah atau muka adalah bagian depan dari kepala, pada manusia meliputi wilayah dari dahi hingga dagu, termasuk rambut, dahi, alis, mata, hidung, pipi, mulut, bibir, gigi, kulit, dan dagu.

Wajah terutama digunakan untuk ekspresi wajah, penampilan, serta identitas. Tidak ada satu wajahpun yang serupa mutlak, bahkan pada manusia kembar identik sekalipun.

Sebelum membahas lebih jauh  lebih dalam tentang tata rias wajah disini kita coba perhatikan hal-hal yang bermanfaat tentang hal yang kita harus ketahui sebelum merias wajah diantaranya adalah :

1. Mengapa Wajah Terlihat Berminyak, itu dikarenakan :

- anda menggunakan bedak yang mengandung shimmer
- anda menggunakan pelembab yang mengandung minyak/oil padahal wajah anda jenisnya berminyak.

Solusi:

- Kenali jenis kulit wajah anda. Bila tipe kulit anda berminyak, gunakan pelembab yang oil free atau mengandung air. Atau anda juga bisa menggunakan foundation yang sekaligus mengandung pelembab, tentu yang oil free, cara menggunakannya sangat praktis, dan kesan yang ditimbulkan pada wajah anda tipis dan ringan.

- Jangan menggunakan bedak yang mengandung shimmer karena akan memberi kesan menkilap. Pergunakan bedak dan foundation yang bersifat matte.

2. Mengapa Maskara tidak rata dan menggumpal

- Salah mengaplikasikan masakara
- Maskara sudah menggumpal sebelum digunakan

Solusi:

- periksa maskara anda apakah masih baik untuk digunakan? Tidak menggumpal dan berbau. Hindari cara memompa sikat maskara di botolnya, hal ini bisa menambah udara masuk ketabung maskara.

Akibatnya maskara akan cepat menggumpal. Cukup tekan dan goyang sikat maskara dalam tabung sebelum anda tarik keluar.
- cara menyikat maskara di bulu mata, sikat ke atas seperti kipas.

3. Mengapa ada Garis kerut pada Dahi

- foundation yang digunakan padat (stick) dan cream.
- Berlebihan saat memoleskan foundation dan bedak.
- Kurang halus saat meratakan foundation di wajah.

Solusi:

- Foundation bentuk cream atau padat memang lebih awet, namun bila salah dalam pengaplikasiannya justru akan merepotkan anda, paling sering terjadi riasan anda akan pecah. Yang paling sering terlihat di area kerut dahi dan garis senyum di atas kedua sudut bibir. Karena itu pilihlah foundation yang berbentuk cair/liquid dan bertekstur ringan.

- Jangan berlebihan saat mengoleskan foundation pada wajah, ratakan sampai benar-benar rata dan halus, terutama pada area dahi dan kerut di garis bibir.

4. Mengapa Touch Up malah Merusak Riasan

- Spon bedak basah
- Anda langsung touch up pada wajah berminyak atau berkeringat.

Solusi:

- Periksa spon bedak anda, jika terlihat lembab, sebaiknya ganti. Jika anda tetap memakainya maka akan merusak permukaan bedak membuat hasil riasan tidak rata. Selain itu bisa menyebabkan jerawat karena spon basah menjadi media bakteri atau kuman menempel di kulit wajah anda.

- Pada saat anda hendak touch up, bersihkan wajah anda terlebih dahulu. Bila wajah anda minyaknya berlebihan, gunakan kertas minyak untuk menguranginya, atau bersihkan wajah dengan water spray. Setelah itu anda bisa membubuhkan bedak dan merapikannya.

5. Mengapa Bibir jadi terlihat tebal

- Salah mengaplikasikan warna lipstik.
- Memoles lipstik tanpa kuas lisptik.
- Berlebihan menggunakan lipsgloss.

Solusi:

- Pakailah lipstik sesuai dengan urutannya: Bingkai bibir anda dengan pensil bibir, sapukan lipstik menggunakan kuas bibir, lalu sempurnakan dengan menyapukan lipsgloss.

- Pilihah warna pensil bibir yang sesuai dengan bibir asli

- Oleskan lipstik warna orange atau nude. Hindari warna terang atau gelap, aplikasikan lipstik anda menggunakan kuas bibir agar hasilnya rata dan tidak mengumpal di bagian tertentu.

- Hindari menggunakan lipsgloss secara berlebihan, karena kilap nya akan memberi efek bibir penuh dan menonjol. Bila bibir anda sudah terlihat penuh/tebal, gunakan secukupnya.

Untuk lebih menyenangkan tidak ada salahnya kita sambil menyaksikan tayangan video tentang Tata rias wajah :



Urutan dalam merias wajah :

mata
1.Mata

Kita pilih merias mata menjadi urutan yang pertama adalah karena jika dilakukan terakhir kali, dikhawatirkan sisa-sisa makeup mata akan jatuh dan mempengaruhi warna di bagian wajah yang lain.

2.Concealer

Untuk bagian hitam dibawah mata dan bintik hitam pada wajah, gunakan concealer berbentuk krim yang satu tingkat lebih terang dari warna kulit.Dan untuk jerawat yang masih meradang, oleskan pelembab yang bebas minyak pada titik tersebut agar tidak terlihat kering.

3.Foundation

Jika kulit kemerahan atau berubah warna, oleskan foundation ringan dengan jari manis anda atau gunakan fondation berbentuk busa.

4.Bedak

Pilih satu jenis bedak yang mampu menutupi kekurangan pada wajah lebih lama. Pilihannya antara transluncent powder, bedak mineral, atau bedak padat.

5.Perona pipi

Berikan kesan segar pada wajah dengan perona pipi yang sewarna dengan pipi ketika dicubit pelan.

6.Pewarna bibir

Aplikasikan pewarna bibir agar tidak menganggu atau kejatuhan warna riasan lain.Pilih lipstik yang pekat dan kesat jika ingin mendapatkan warna yang matte. Jika ingin warna terang sekali atau sebaliknya sangat gelap aplikasikan dengan kuas bibir agar lebih rapi. Untuk menciptakan bibir yang mengkilat, pilih gloss. Warna
bening merefleksikan cahaya, membuat bibir terlihat lebih penuh.

7.Alis Mata

Lihat hasil akhir riasan wajah secara keseluruhan untuk menentukan seberapa ketebalan yang sebaiknya diaplikasikan.Jika riasan natural cukup dengan sisir dan rapikan alis. jika riasan wajah cukup pekat, gunakan kuas alis yang sudah dicelupkan kedalam eyeshadow berwarna gelap, lalu sapukan sambil rapikan alis mata.

Demikian sekilas info tentang tata rias semoga bisa membantu dan juga bermanfaat khususnya bagi kaum wanita.

Artikel Terkait..



0 comments:

Post a Comment

Automatic Link Exchange